thumb

Inspektorat Kota Pontianak Mengikuti Kegiatan Telahaaan Sejawat Antar Inspektorat diwilayah Provinsi Kalimantan Barat

Kubu Raya,- Asosiasi Auditor Intern Pemerintah melaksanakan telaah sejawat, Senin (12/9), di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, telaah sejawat dilaksanakan berdasarkan pedoman telaah sejawat yang dikeluarkan oleh Asosiasi Auditor Intern Pemerintah. Di antaranya melakukan penilaian terhadap efisiensi dan efektivitas APIP sesuai dengan visi, misi tugas dan fungsinya, serta harapan pimpinan tertinggi organisasi.  “Ini dilakukan untuk menyatakan pendapat tentang kesesuaian aktivitas APIP dengan standar audit dan memberikan saran perbaikan kinerja APIP. Agar dapat memberikan nilai tambah terhadap organisasi dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor yang berkompeten dan dilengkapi dengan pedoman kerja yang memadai,” kata Muda Mahendrawan saat membuka telaah sejawat.

 

Secara teknis, penilaian dalam Telaah Sejawat dilaksanakan berdasarkan kesesuaian jawaban dengan persentase pemenuhan atas pertanyaan oleh Tim Penelaah, yang hasilnya secara kumulatif dikelompokkan ke dalam empat kategori simpulan, yakni: Sangat Baik, Baik, Cukup Baik dan Kurang Baik.

Kegiatan Telaah Sejawat  berlangsung selama lima hari, yaitu 12 s.d. 13 September 2022.  Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan keluaran berupa hasil penilaian telaah sejawat yang lebih baik dari sebelumnya